Pengumuman UAN 2009


Pengumuman yang telah dinanti-nantikan akhirnya diumumkan juga kepada seluruh siswa. Siswa SMA telah melihat hasil UAN 2009 yang baru saja dilaluinya setelah departmen Pendidikan Nasional (Deodiknas) mengumumkan hasilnya. Bagaimana dengan hasil ujian siswa SMP sederajat?

Penanntian itu akhirnya datang juga. Pengumuman hasil UAN 2009 (Ujian Akhir Nasional) yang belum lama ini telah berlalu. Di benak saya saya adalah, apa yang akan terjadi bagi siswa yang lulus dan yang tidak lulus? Sebuah fenomena yang luar biasa karena ini merupakan taruhan rasa malu, tanggung jawab dan masa depan.

Mungkin bagi siswa yang lulus UAN 2009, "happy ending" akhirnya lulus juga dan beban yang selam 3 tahun duduk dibangku sekolah hilang sirna. Segala kenangan yang terjadi tinggallah kenangan yang merupakan sejarah dan memang hanya untuk dikenang saja. Segala rasa yang dilalui, rasa nano-nano, pahit, manis, asam, asin, pokoknya yang rasanya rame telah dilalui. Sekarang yang dipikirkan adalah, mau melanjut kemana ya?

Ironisnya, Siswa yang tidak lulus UAN 2009 ini mengalami hal berbeda, karena selain merenungkan nasib, betapa malunya, beratnya, tanggung jawabnya, dan bahkan mungkin ada yang b"n"h diri. Serem. Saya berharap ahwa hal ini tidak terjadi, karena masa depan tidak terletak pada kelulusan anda, tetapi bagaimana anda menatap masa depan dengantuuan yang jelas dan dengan sikap yang dewasa.

Selamat kepada siswa yang telah lulus UAN 2009 dan tetap semangat bagi yang belum beruntung.